--> Pekerjaan Yang Cocok Untuk Mahasiswa - Kuliah Sambil Kerja | Kuliah Online IT

Friday, February 19, 2016

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Mahasiswa - Kuliah Sambil Kerja

| Friday, February 19, 2016

Assalamu’alaikum wr.wb ..
Ogenki Desuka Minna .?

Pada artikel kali ini saya akan berbagi tips buat minna agar dapat menghasilkan uang tanpa mengganggu aktivitas perkuliahan , satu hal yang paling saya sesali adalah saya sendiri terlambat menyadari hal ini sehingga saya tidak melakukan semuanya ketika menjadi mahasiswa. Pasti minna ada yang bertanya, terus bagaimana bisa saya memberi tips seperti itu sedangkan saya sendiri tidak pernah melakukan hal yang demikian .? yosh, sedikit berbagi cerita, setelah saya lulus dan pada saat itu resmi terdaftar menjadi salah satu pengangguran baru, saya masih kebingungan mau melanjutkan pekerjaan sebagai apa .? sebagai pengangguran baru tentunya merupakan hal yang sangat membosankan, terpikir untuk menerima tawaran kerja atau mencari pekerjaan yang saya sukai .? dan saya tetapkan untuk tetap bersabar menunggu pekerjaan yang saya sukai. Singkat cerita, pada saat saya menunggu pekerjaan tersebut, untuk menghabiskan hari-hari yang begitu membosankan, saya lebih sering menonton, membaca, memperdalam pengetahuan didalam dunia pemrograman, dan mencari informasi tentang hal-hal yang menarik didunia maya. Berawal dari sinilah penyesalanku datang, sehingga saya terpikirkan untuk menuliskan artikel ini, harapan saya agar minna mau mencoba salah satu hal yang nantinya akan saya bahas. Agar tidak menjadi penyesalan seperti yang saya rasakan sekarang.

Kuliah atau Kerja
Kuliah atau Kerja

Awal semester baru, apakah yang terpikirkan oleh minna mendengar kata tersebut .? mungkin ada begitu banyak jawaban, salah satunya adalah siap-siap untuk melakukan pembayaran uang semester, mungkin sebagian orang tidak ambil pusing dengan hal tersebut, alasannya  tidak perlu dibahas. Namun buat sebagian orang lainnya harus memutar otak bagaimana untuk meringankan biaya semester tersebut, hal yang saya lakukan pada saat itu adalah bekerja disalah satu PT terkenal dikota ini, namun tidak sampai 1 tahun saya resign karena pekerjaan tersebut ternyata mengganggu aktivitas perkuliahanku, pada semester-semester berikutnya saya terus kerja untuk memabantu meringankan biaya tiap semesternya. Buat minna yang melakukan hal yang sama seperti saya, pasti juga merasakan bagaimana sulitnya kuliah sambil kerja, mulai dari mengatur jadwal mata kuliah, kelelahan, dan lain sebagainya. Namun saat ini saya baru menyadari kenapa pada saat itu saya tidak melakukan hal-hal seperti dibawah ini untuk mengurangi biaya semesterku .? adapun tips untuk menghasilkan uang tanpa harus mengganggu aktivitas perkuliahan adalah sebagai berikut :

1.    Freelance (Pekerja Lepas)
Tidak punya kantor, tidak punya atasan, tidak punya bawahan, bebas lepas. Tapi bukan berarti tidak professional dan menghasilkan uang. Bagi minna yang menginginkan kebebasan, tidak suka keterikatan dan formalitas, mungkin bekerja sebagai tenaga lepas (freelancer) bisa menjadi pilihan. Minna bisa bebas bekerja sambil mengatur jadwal perkuliahan, jika lagi padat-padatnya jadwal mata kuliah (MK), minna bisa menghentikan dulu untuk mengambil proyek. Menurut buku yang saya baca, konon katanya di Negeri Barat sana kini hampir 50% orang yang bekerja sebagai freelance. Bagaimana dengan di Indonesia .?
Saya tidak pernah berpikir apakah di Indonesia khususnya dikota kecil yang saya tinggali membutuhkan tenaga kerja lepas .? ternyata saya baru menyadari jawabannya ketika saya keasyikan bermain di group-group social media (facebook) bahwa di Indonesia juga terdapat banyak freelance. Ada begitu banyak penawaran jasa seorang freelancer diberbagai group yang saya masuki, diantaranya adalah design web, developer games, penulis naskah, arsitek, installasi komputer/jaringan, design banner, logo, undangan, dan masih banyak lagi.
Salah satu keuntungan menjadi freelancer adalah bisa melalui online, sehingga minna tidak perlu khawatir  tinggal dikota yang kecil, karena ruang lingkup jasa yang minna tawarkan dapat ke berbagai kota bahkan Negara jika mina mampu menguasai bahasa Inggris dengan baik. Bagaimana minna, apakah minna tertarik untuk menjadi pekerja lepas tanpa harus menganggu aktivitas perkuliahan minna .? yosh tunggu apalagi, think big and act now. Untuk minna yang ingin mengenal lebih jauh lagi tentang freelance, dapat dilihat pada artikel “Memulai Freelance” yang masih dalam proses penulisan .. :-D

2.    Menjadikan Hobby Sebagai Produk Wirausaha, berwirausaha .? 
Saya mulai memikirkan hal ini setelah menyaksikan salah satu film Thailand yang berjudul The Billioners, dalam film tersebut menceritakan seorang siswa SMA bernama Top  yang pada awalnya tidak ada niat sama sekali untuk berwirausaha, awal mula Top mendapatkan uang dari orang lain ketika beberapa items langka dalam game online yang dia mainkan mendapat tawaran dari orang lain, padahal Top tidak pernah ada niat untuk menjualnya, merasa dapat tawaran yang menggiurkan, Top tanpa ragu menjual beberapa Items langka yang ia miliki. Merasa telah mempunyai banyak uang, Top membelanjakan uangnya untuk keperluan pribadinya. namun sialnya dimulai, ketika akun gamenya dibanned karena memperjualkan belikan Items yang ia miliki. Mulai dari sinilah Top memulai bisnis dagangnya, begitu banyak kesulitan pada awal Top berwirausaha, karena Top sendiri lebih memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan kuliah. Namun dibalik kesulitan-kesulitan yang dia alami, Top selalu mendapatkan pelajaran yang berharga, singkat cerita pada akhirnya Top menjadi pengusaha muda terkaya di Negaranya. Sayangnya cerita dalam film tersebut, berbanding terbalik dengan judul artikel ini, jika Top rela meninggalkan kuliahnya, dalam artikel kali ini saya membahas tentang kuliah sambil menghasilkan uang. Yosh minna, saya punya 1 cerita lagi, bedanya ini merupakan cerita nyata yang terjadi dilingkungan kampusku, saya mempunyai beberapa orang teman yang berwirausaha sambil menjalani aktivitas perkuliahan. Uniknya produk yang mereka tawarkan terinspirasi dari sesuatu yang mereka sukai. Masih bingungkan .? yosh, contohnya minna menyukai sepak bola dan mencintai 1 klub sepakbola, minna pasti sering membeli jersey, baju, poster, pernak pernik, dan lain lain yang berhubungan dengan klub tersebut sebagai tambahan koleksi. Apakah pernah terpikirkan oleh minna agar bukan lagi sekedar membeli koleksi tersebut .? bagaimana dengan memulai wirausaha untuk menjual sesuatu dari kecintaan minna tersebut .? ya itulah yang beberapa orang temanku lakukan, berawal dari hobi kemudian mereka memikirkan sesuatu untuk menghasilkan uang tanpa harus mengorbankan kuliahnya. Beberapa orang temanku tersebut ada yang memulai dari modal kecil-kecilan dan ada juga yang mengeluarkan modal awal yang lumayan besar buat seorang mahasiswa. Tapi tidak satupun dari mereka yang mengalami kerugian, terbukti karena usaha mereka masih bertahan sampai sekarang walaupun mereka juga sudah menyelesaikan kuliah sama seperti saya. 

3.    Website
Pernahkah terpikirkan oleh minna untuk menghasilkan uang dari dunia maya .? ada begitu banyak cara untuk menghasilkan uang dari dunia maya, salah satunya adalah website, selain mendapatkan pahala karena berbagi ilmu kepada oranglain, minna bisa juga mendapatkan uang dari cara ini, ada begitu banyak keuntungan yang ditawarkan ketika minna mengelolah website dengan baik. Minna bisa dibayar oleh google adsense jika mendaftarkan website minna dan di setujui oleh google adsense. Cukup mudah bukan .? saya pernah berkunjung ke website yang adminnya masih bocah SD namun tiap bulannya dia bisa menghasilkan 3-4 digit dollar. Website yang dia kelolah adalah website game. Untuk pembahasan lebih jauh tentang website dapat dilihat pada artikel berikutnya “cara membuat website dengan mudah” yang juga masih dalam proses penulisan .. :-D

Ingat semua point yang saya sampaikan diatas hanyalah sebagai kerja sambilan saja, hanya untuk memanfaatkan waktu luang diluar aktivitas perkuliahan, banyaknya keuntungan yang didapatkan tergantung dari seberapa tekun minna berusaha mendalami pekerjaan tersebut, akan tetapi jangan sampai karena (tergiur) iming-iming keuntungan yang besar, membuat minna lebih mendalami pekerjaan tersebut dibandingkan aktivitas perkuliahan yang sedang minna jalani, ingat PENDIDIKAN ITU PENTING!! 

Cukup sekian apa yang dapat saya bahas pada artikel tentang Sambil Kuliah Dapat Menghasilkan Uang Tanpa Harus Mengganggu Aktivitas Kuliah, jika ada kekeliruan mohon beri saran dikomentar ^_^

Baca juga artikel menarik lainnya Sarjana Komputer Tidak Bisa Coding, Salah Siapa .?
Terimakasih sudah membaca artikel  Kuliah Sambil Kerja Tanpa Harus Mengganggu Aktivitas Kuliah

Ganbatte Kudasai ..

Related Posts

10 comments:

  1. Untuk jalanin no1, 2 dan 3 barengan kaya bisa deh

    ReplyDelete
  2. kalau sekarang lagi buat blog/website gan, lumayan kalau bisa dapet penghasilan, nice gan :D

    ReplyDelete
  3. Enak sih blogging, sekaliaj bagi2 ilmu juga kan hehe

    ReplyDelete
  4. Dulu semua saya jalanin mas, dan ampe sekarang yang tiga poin saya kembangkan terutama wirausaha karena jualan buku, kalau freelancenya ya menerima layanan konsultasi terapi, terus blognya ya berpenghasilan dari iklan.


    Makasih mas ulasannya udah membagikan solusi buat mahasiswa-mahasiswi di Indonesia.

    ReplyDelete